Skip to content

Cara Menanam Dan Merawat Bibit Bunga Liliy

1 month ago

312 words

Lily adalah salah satu tanaman yang sering digunakan untuk hiasan, dimana bunga ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Dengan bentuknya yang indah, dan tentu bunga ini mampu menghiasi halaman rumah sehingga terlihat lebih asri. Untuk anda yang ingin menanam bunga lily ini, anda bisa membeli bibit bunga lily ini kemudian menanamnya.

Selain untuk hiasan pekarangan rumah, bunga ini ternyata memiliki berbagai manfaat dalam medis. Cotohnya untuk menyebuhkan serta menghilangkan bekas luka di kulit, selain itu juga berfungsi untuk anti kanker. Maka tak heran bila sudah banyak orang yang menginginkan untuk menanam tumbuhan ini, bila anda tertarik anda bisa membeli bibit dari jual bibit bunga.

  1. Pemilihan benih umbi

Tahap ini bertujuan untuk memilih umbi yang tak memiliki lapisan luar, dan pisahkan umbi yang memiliki lapisan luarnya. Pasalnya umbi yang memiliki lapisan luar akan sulit untuk tumbuh, kemudian lanjutkan ke proses penanaman.

  1. Pembuatan media tanam

Disini anda perlu membuat media tanam, media ini berupa lubang dengan kedalaman 10 hingga 15 cm. Berikan jarak setiap tumbuhan sehingga sinar matahari bisa terserap secara sempurna, setdaknya tiap bibit berjarak 15 cm. Akan lebih sempurna bila anda meletakkan pupuk kandang di dalamnya, sehingga tumbuhan bisa tumbuh baik dan sempurna.

Letakkan benih bunga ini dengan ditutup menggunakan kompos atau tanah, kemudian lanjutkan dengan menyiram hingga lapisan luar terlihat lembab. Hal ini akan sangat membantu benih untuk tumbuh baik.

  1. Pemberian mulsa

Tahapan ini memiliki tujuan untuk melindungi akar bunga lily, apalagi di cuaca yang tak menentu maka tahap ini penting untuk dilakukan. Pakailah mulsa yang tak mengundang siput, dan pastikan mulsa dalam keadaan sehat. Hindari mengambil mulsa yang asal, karena ini juga akan mempengaruhi proses pertumbuhan bunga.

  1. Pemupukan

Pastikan ketika melakukan pemupukan dilakukan saat akar bunga lily sudah mulai tumbuh, berikan sedikit saja pupuk karena bunga ini tak begitu memerlukan banyak pupuk untuk tumbuh sehat.

Lanjutkan dngan memberi pupuk satu bulan setelah pemberian pupuk sebelumnya, tepatnya sebulan setelah akar baru tumbuh.