Skip to content

Hal-Hal yang Perlu Anda Perhatikan Seputar Mata Bayi Belekan

1 month ago

449 words

Mata bayi belekan memang merupakan salah satu kondisi normal yang kerap terjadi pada bayi yang baru lahir. Setidaknya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah yang satu ini. Gangguan yang satu ini tentu akan membuat si kecil kesulitan untuk membuka matanya. Untuk itu Anda perlu mengetahui dengan pasti seputar belekan pada bayi. Apa saja sih? Yuk simak.

Apa Saja Penyebab Mata Belekan Pada Bayi?

Meski belekan yang terjadi pada bayi merupakan salah satu hal yang wajar terjadi. Namun Anda juga perlu memperhatikannya. Mata bayi belekan pada umumnya terjadi karena keterlambatan pertumbuhan dan pembukaan saluran air mata pada si kecil. Hal ini tentunya akan menyebabkan air mata terus mengalir ke permukaan mata yang menyebabkan kotoran atau belekan pada si kecil.

Tak hanya itu saja, belekan yang terjadi pada bayi juga bisa disebabkan karena infeksi. Ketika Anda menjalani proses persalinan normal, bakteri dan virus bisa saja ditularkan pada si kecil. Risiko infeksi ini akan terus meningkat apabila seorang ibu hamil menderita infeksi pada jalan lahirnya seperti herpes atau gonore bahkan dapat berisiko terjadinya kebutaan pada bayi.

Penangan yang Bisa Dilakukan Saat Bayi Mengalami Belekan

Ketika si kecil mengalami belekan, maka Anda tak perlu merasa khawatir. Pasalnya ada beberapa cara mudah yang bisa Anda manfaatkan untuk menanganinya. Beberapa cara yang bisa membantu mengeluarkan kotoran dan membersihkan belekan pada mata bayi adalah dengan selalu menjaga kebersihan tangan Anda sebelum dan sesudah melakukan kontak fisik dengan sang buah hati.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa membersihkan mata si kecil dengan menggunakan cotton bud bersih dan air hangat. Setelah itu usaplah bagian mata sang buah hati mulai dari bagian paling dalam ke bagian paling luar secara perlahan. Ulangi langkah ini hingga kotoran pada mata si kecil bersih. Namun pastikan Anda selalu mengganti cotton bud atau kapas setiap satu usapan.

Kapan Harus Mewaspadai Bayi yang Mengalami Belekan?

Seperti yang sudah dijelaskan pada beberapa poin di atas bahwa belekan pada bayi bukan merupakan kondisi yang serius. Meski begitu Anda juga perlu mewaspadai jika mata belekan pada sang buah hati juga disertai dengan berbagai gejala yang tidak wajar. Apa saja sih gejala yang perlu diwaspadai saat mata sang buah hati mengalami belekan?

Hal yang perlu Anda perhatikan seperti munculnya nanah pada mata si kecil, timbulkan kotoran berwarna kuning atau kehijauan, bagian atas mata membengkak, warna putih pada mata berubah menjadi merah, si kecil mengeluarkan air mata secara berlebihan, kesulitan untuk membuka mata, hingga struktur atau kelopak mata si kecil terlihat tidak beraturan.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan seputar mata bayi belekan. Meski belekan pada bayi merupakan kondisi yang sangat wajar dan umum terjadi. Namun jika si kecil mengalami beberapa gejala di atas jangan ragu untuk segera kunjungi dokter mata untuk mendapatkan perawatan yang lebih lanjut.